Lebih Baik Cuting Sticker?

 

Cutting Stiker?

Ketika mendengar tentang mesin cutting sticker pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Selain sebagai media untuk menunjukan suatu label,

komunitas dan lain sebagainya, sticker juga bisa ditempelkan di berbagai benda guna mempermudah untuk di baca oleh orang dan bisa membuatnya menjadi populer.

Dan saat ini, taukah anda bahwa dalam tahap pembuatan sticker itu ada dua cara, Yakni cutting sticker dan printing sticker. Lantas apa perbedaan dari kedua jenis sticker ini? Berikut dibawah ini kami paparkan guna menambah wawasan untuk anda.

Pengertian Cutting Sticker & Printing Sticker

  • Cutting sticker :Sticker yang dibuat dengan cara memotong. Atau bisa diartikan dengan teknik pemotongan bahan sticker dengan desain yang diinginkan menggunakan perangkat mesin cutting sticker dan komputer sebagai media desain.
  • Printing Sticker :Sticker printing yaitu stiker yang hasil pembuatanya seperti sebuah cetakan dokumen di kertas biasa.

Perbedaan Cutting Sticker & Printing Sticker

  1. Desain
  • Cutting sticker:Untuk desain cutting sticker diharuskan bentuk vector atu garis saja dan hanya bisa untuk memotong oleh karena itu di sebut mesin cutting.
  • Printing sticker:Bisa dikatakan hampir semua format desain bisa masuk atau di proses dengan mesin printing sticker ini, semakin besar dimensi file maka semakin bagus juga hasil printingnya. Printing Sticker juga biasa disebut mesin plotter atau mesin outdoor.
  1. Harga
  • Cutting sticker: harga untuk sticker ini memang sedikit mahal dikarenakan dalam proses pembuatan cutting ada yang menggunakan cara manual di beberapa pengerjaan. Pekerjaan manual yang harus dilakukan dalam proses pembuatan cetak cutting adalah proses mengelupas bagian sticker yang tidak penting, proses ini membutuhkan kejelian dan ketelatenan biayanya lebih tinggi.
  • Printing sticker:harga untuk sticker ini lebih murah jika dibanding dengan cutting sticker. Karena melihat proses cetak sticker yang lebih mudah hanya perlu menunggu sampai proses printing selesai dan finish.
  1. Warna
  • Cutting sticker :terbatas untuk warna-warna yang solid (non gradasi) akan tetapi bisa disiasati dengan teknik puzzle, seperti menggunakan program Corel®Trace, akan tetapi gambar harus dirapikan terlebih dahulu.
  • Printing sticker :Untuk printing sticker tidak ada masalah dalam proses warna, semua warna, gradasi warna dapat dicetak dengan printing. Jadi jika Anda ingin memilikinya dengan berbagai variasi warna sesuai dengan selera dan keinginan maka sebaiknya gunakan sticker printing.

Kelebihan Cutting Sticker Dibandingkan Printing Sticker :

  • Dibandingkan dengan sticker printing, cutting sticker memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar.
  • Jenis sticker vinyl seperti ORACAL atau 3M SCOTCHCAL bahkan memiliki ketahanan outdoor hingga 5 tahun, dibandingkan dengan sticker printing yang biasanya sudah mulai pudar tintanya setelah 1 tahun. Ini karena cutting sticker tidak menggunakan tinta/ ink sebagai pewarna sticker melainkan sticker sudah diberi pigmen warna permanen sejak dari proses produksi oleh pabrik.
  • Jenis sticker cutting seperti scotchlite atau fosfor bisa memendarkan warna pada kondisi gelap, sedangkan pada sticker digital printing sampai saat ini tidak ditemui jenis yang seperti ini.
  • Sticker Cutting merupakan jenis sticker yang contour cut artinya bentuk atau desain sticker adalah bentuk potongan dari sticker itu sendiri. Sehingga lebih fleksibel untuk diaplikasikan ke berbagai media. Sedangkan untuk jenis sticker digital printing, hasil akhir berupa lembaran berbentuk kotak persegi atau persegi panjang.

Tetapi pada saat ini ada teknologi terbaru yaitu PrintCut. Teknologi ini merupakan gabungan antara digital printing dengan cutting dimana sticker yang telah dicetak/ di-print akan dipotong mengikuti contour dari bentuk desain sticker tersebut. Tetapi mesin yang bisa melakukan pekerjaan ini masih tergolong mahal apalagi ketersediaan spare part nya di Indonesia masih jarang karena tergolong teknologi baru.